Rabu, 24 Maret 2010

Jaguar XJ


Jaguar XJ adalah sebuah saloon mewah dijual di bawah Jaguar Inggris marque. Yang XJ diluncurkan pada tahun 1968 dan telah menjabat sebagai flagship Jaguar model bagi sebagian besar span produksi yang berlanjut hingga hari ini. Model asli adalah saloon Jaguar terakhir telah memiliki masukan dari Sir William Lyons, pendiri perusahaan.


Seri 1 (1968-1973) XJ Series I Juga disebut XJ6, XJ12 Daimler Sovereign Daimler Double-Six Produksi 1968-1973 82.126 diproduksi Majelis Coventry, Inggris Cape Town, Afrika Selatan Nelson, Selandia Baru Jaguar pendahulunya 240, Jaguar Daimler 340 & 250 Jaguar S-Type 420 dan Daimler Jaguar Sovereign Jaguar 420G Body style (s) 4-pintu sedan Engine (s) 2.8 L XK I6 XK 4,2 L I6 5,3 L Jaguar V12 (dari 1972) 108,75 wheelbase in (2762 mm) Panjang 189,5 in (4.813 mm) Lebar 69,75 di (1772 mm) Tinggi 52,75 di (1340 mm) Kapasitas bahan bakar 91 L (24,0 US gal; 20,0 imp gal) [1] The XJ6, menggunakan 2.8 L (2790 cc/170 in ³) dan 4.2 L (4.235 cc/258 in ³) lurus-enam silinder versi terkenal Jaguar XK mesin, menggantikan sebagian besar Jaguar saloons - yang, pada 1960-an, telah diperluas menjadi empat rentang yang terpisah. Selain mesin, komponen utama lainnya terbawa dari model-model sebelumnya adalah versi terluas IRS Jaguar Mark unit dari X. Sebuah versi kelas atas dipasarkan di bawah merek Daimler dan disebut Daimler Sovereign, melanjutkan nama dari versi Daimler Jaguar 420. The "XJ" sebutan itu dari nama kode mobil selama perkembangan, berdiri untuk Eksperimental Jaguar [rujukan?]. Mobil itu diperkenalkan pada bulan September 1968. Power dibantu kemudi dan pelapis kulit yang standar di 2.8 L 'De Luxe' dan 4.2 L AC model dan ditawarkan sebagai pilihan tambahan pada versi Daimler 4,2 L. diluncurkan pada bulan Oktober 1969, dalam serangkaian iklan televisi yang menampilkan Sir william. Pada titik ini, ia menyebut mobil sebagai "Jaguar terbaik yang pernah". Fitur yang tidak biasa, yang diwarisi dari Jaguar Mark X, adalah penyediaan tangki bahan bakar kembar, diposisikan pada setiap sisi dari boot / trunk, dan mengisi dua terpisah dikunci menggunakan filler caps: satu di bagian atas setiap sayap di atas roda belakang lengkungan . [2] Pada Maret 1970 diumumkan bahwa Borg-Warner Model 8 transmisi otomatis yang telah XJ6 fitur sejak tahun 1968 akan digantikan pada XJ6 bermesin 4,2 liter dengan Borg-Warner Model 12 unit. [3] Transmisi baru sekarang memiliki tiga berbeda posisi maju diakses melalui tuas pemilih, yang secara efektif yang berorientasi kinerja memungkinkan pengemudi untuk mempertahankan rasio yang lebih rendah di revs lebih tinggi untuk mencapai percepatan yang lebih baik. [3] "Sangat meningkatkan kualitas pergeseran" ini juga diklaim untuk sistem yang baru. [3] Pada tahun 1972 pilihan roda yang panjang versi dasar, memberikan peningkatan sederhana ruang kaki untuk penumpang di belakang, menjadi tersedia. Versi yang XJ12, menampilkan kisi-kisi disederhanakan pengobatan, dan didukung oleh mesin V12 L 5,3 (digabung ke Borg Warner Model 12), diumumkan pada bulan Juli 1972: [1] mobil itu disajikan pada waktu itu sebagai dunia hanya 12-silinder empat pintu mobil. 3.235 generasi pertama ini dibangun XJ12s. Sekali lagi, sebuah versi kelas atas, kali ini disebut Daimler Double-Six, sudah tersedia, menghidupkan kembali nama model Daimler 1926-1938.


Seri 2 (1973-1979) XJ Series II Juga disebut XJ6, XJ12 Daimler Sovereign Daimler Double-Six Produksi 1973-1979 (1981) 91.227 diproduksi Majelis Coventry, Inggris Cape Town, Afrika Selatan Nelson, Selandia Baru Body style (s) 4-pintu sedan Engine (s) 2.8 L XK I6 XK 3,4 L I6 XK 4,2 L I6 5,3 L mesin V12 Jaguar V12 108,75 wheelbase in (2762 mm) (SWB: hanya dijual sampai 1974) 112,75 in (2864 mm) (lwb sampai 1974, setelah itu semua sedan) Panjang 194,75 in (4.947 mm) (lwb sampai 1974, setelah itu semua sedan) Lebar 69,75 di (1772 mm) Tinggi 54 in (1372 mm) Trotoar berat £ 3.841 (1.742 kg) Kapasitas bahan bakar 91 L (24,0 US gal; 20,0 imp gal) [4] Sering disebut sebagai "Seri II," kata XJ jalur facelifted di musim gugur 1973 dengan model tahun 1974. The 4.2L Aku-6 XJ6 (paling populer di Inggris Raya) dan 5.3L V12 XJ12 dilanjutkan dengan penambahan 3,4 L (cc/210 in ³ 3.442) versi mesin XK tersedia dari tahun 1975. The Series II model yang dikenal dengan kualitas membangun masyarakat miskin, yang dikaitkan dengan Jaguar menjadi bagian dari kelompok Leyland Inggris, serta masalah-masalah yang melekat pada desain tertentu yang bersumber Lucas-komponen. [Rujukan?] Awalnya Seri II ditawarkan dengan basis roda dua, tetapi pada tahun 1974 di London Motor Show Jaguar mengumumkan penarikan 'roda standar base' versi: selanjutnya saloons / sedan semua fitur tambahan yang 4 inci (10 cm) Panjang kabin penumpang sampai sekarang ditampilkan hanya oleh 'roda panjang base' model. [4] Pada saat ini pengiriman pelanggan pertama dari dua pintu coupe, yang mempertahankan pendek 'standar' wheel base (dan yang sudah secara resmi 'diluncurkan' lebih dari setahun sebelumnya) hanya bulan lagi. Visual, Seri II mobil dibedakan dari para pendahulu mereka dengan mengangkat bemper depan untuk memenuhi peraturan keselamatan kecelakaan AS, yang mengharuskan grill yang lebih kecil, dilengkapi dengan tambahan diskrit inlet langsung di bawah bumper. Interior menerima update besar, termasuk disederhanakan pemanasan dan a / c sistem untuk mengatasi kritik terhadap kompleks dan tidak begitu efektif Seri sistem saya. Pada April 1975 Seri Amerika Utara II mendapat sedikit direvisi set bemper depan yang meliputi overriders karet panjang penuh bemper dengan sinyal giliran tertanam di kedua ujungnya. Pada tahun 1978 mobil-mobil Amerika Utara juga mendapat tambahan pengisian bahan bakar elektronik di tempat-Zenith Stromberg carburettors. Pada Mei 1977 diumumkan bahwa versi transmisi otomatis dari 12 silinder mobil akan dilengkapi dengan General Motors tiga kecepatan transmisi 400 THM di tempat yang dibangun Inggris Borg-Warner satuan yang digunakan sampai sekarang. [5] Model Inggris tahun 1978 meliputi rentang Jaguar XJ 3.4, XJ 4.2, XJ 5.3, Daimler Sovereign 4.2, Double-Enam 5.3, Daimler Vanden Plas 4.2, Double-Enam Vanden Plas 5.3. Di Selandia Baru, CKD kit dari Seri II berkumpul secara lokal oleh Selandia Baru Motor Corporation (NZMC) di pabrik Nelson mereka. Pada tahun terakhir produksi di Selandia Baru (1978), yang khusus 'SuperJag' model yang diproduksi yang menampilkan kulit setengah, setengah lebar lipatan dralon kursi, atap vinyl, krom baja roda dan udara sebagai standar. Selandia Baru fitur speedometers model diproduksi dalam km / jam, dan tikar vinil hitam ditaburkan ke karpet di depan menampilkan footwells British Leyland 'L' logo. Meskipun produksi di seluruh dunia Seri II berakhir pada tahun 1979, sejumlah diproduksi di Cape Town, Afrika Selatan sampai 1981. Sebanyak 91.227 Seri II model yang diproduksi, 14.226 di antaranya dengan mesin V12.


Seri 3 (1979-1992) XJ Seri III Juga disebut XJ6, XJ12 Daimler Sovereign Daimler Vanden Plas Daimler Double-Six Double-Enam Vanden Plas Jaguar Sovereign (dari 1983) Produksi 1979-1992 Diproduksi 132.952 Majelis Coventry, Inggris Body style (s) 4-pintu sedan Engine (s) 3,4 L XK I6 XK 4,2 L I6 5,3 L mesin V12 Jaguar V12 Pada akhir 1979, XJ itu facelifted lagi, dan dikenal sebagai "Seri III." Menggunakan versi wheelbase panjang dari mobil, tergabung halus XJ6 redesign by Pininfarina. Eksternal, perubahan yang paling jelas atas SII adalah lebih tebal dan lebih dimasukkan bumper karet dengan krom dekoratif hanya di tepi atas, siram gagang pintu untuk meningkatkan keselamatan, satu-potongan kaca pintu depan tanpa terpisah 1 / 4 cahaya, kisi-kisi hanya dengan baling-baling vertikal, lampu reverse pindah dari boot tumpuan kolom ke cluster lampu belakang yang lebih besar dan garis atap yang telah direvisi dengan kaca dangkal daerah. Ada tiga varian termasuk mesin 5.3L V12, yang 4.2L lurus 6 dan 3.4L lurus 6. Yang lebih besar 6-silinder, dan model-model V12 dimasukkan Bosch pengisian bahan bakar (dibuat dengan lisensi oleh Lucas), sementara yang lebih kecil 6-silinder itu carbureted. Yang lebih kecil 3.4L 6-silinder tidak ditawarkan di Amerika Serikat Salon bersumbu pendek dan coupé telah menurun selama tahun-tahun terakhir Seri II XJ. Pengenalan model Seri III juga melihat pilihan dari sunroof dan cruise control untuk pertama kalinya pada model XJ. Model Inggris tahun 1979 meliputi rentang Jaguar XJ6 3,4 & 4.2, XJ12 5.3, Sovereign Daimler 4,2 & Double-Enam 5.3 dan Daimler Vanden Plas 4,2 & Double-Enam Vanden Plas 5.3. Pada tahun 1981, 5,3 model V12 menerima Michael baru yang dirancang Mei 'bola api' kepala silinder kompresi tinggi mesin dan badged dari saat ini dan seterusnya hingga 1983 sebagai HE (High efisiensi) model. Pada tahun 1982 bagian dalam XJ mengalami minor update. Perjalanan komputer muncul untuk pertama kalinya dan dipasang sebagai standar pada model V12. Baru dan banyak dicari paduan khas roda dan dilengkapi sejumlah lubang bundar juga diperkenalkan, biasanya dikenal sebagai "Pepperpot" roda. Juga pada tahun 1982 spec top model Vanden Plas diperkenalkan untuk pasar AS, model penetapan masih digunakan hari ini untuk tingkat atas XJ sedan di Amerika Serikat. Pada tahun 1983 nama Berdaulat dipindahkan dari Daimler ke atas baru spec model Jaguar, Jaguar Sovereign. Vanden Plas yang namanya juga menjatuhkan saat ini di pasar Inggris, sebagai penunjukan digunakan pada top-of-the-range Rover-merek mobil di rumah pasar Inggris. Daimler model menjadi Daimler 4.2 dan Double Six dan yang paling mewah Seri III XJ model, sepenuhnya Vanden Plas optioned dengan spec interior. Model Inggris tahun 1984 meliputi rentang Jaguar XJ6 3,4 & 4.2, Sovereign 4,2 & 5.3, Daimler Double Six 4,2 & 5.3. Seri terakhir III XJ dengan mesin enam silinder diproduksi pada tahun 1987. Produksi Seri III XJ berlanjut hingga 1992 dengan mesin V12. Pada tahun 1992, yang terakhir dibangun 100 mobil diberi nomor dan dijual sebagai bagian dari seri khusus memperingati akhir produksi untuk Kanada. 100 mobil ini menampilkan pilihan memiliki plakat kuningan yang terletak di kabin. Itu adalah pilihan pembeli asli memiliki plak ini, yang juga memberikan nomor ke mobil (seperti Nomor 5 Tahun 100, dll), pas ke kotak sarung tangan, ke konsol kayu atau tidak dipasang sama sekali. Plakat kuningan ini inisiatif tidak datang dari Jaguar di Coventry. Itu adalah usaha lokal, oleh Jaguar Kanada staf dan plakat kuningan yang terukir secara lokal. Seri III 132.952 mobil dibangun, 10.500 dengan mesin V12. Total antara 1968 dan 1992 ada sekitar 318.000 XJ6 dan Jaguar XJ12 diproduksi. Jaguar XJ mobil yang populer dengan pembalap Inggris Banger karena sederhana tapi sulit konstruksi. Banyak yang berpacu dengan mesin asli diganti dengan Ford V6 seperti yang digunakan dalam mobil Granada namun yang lainnya berpacu dengan mesin Jaguar asli. Mobil ini sering digunakan di 2.0litre + rapat di mana mereka berlari bersama Ford Granadas dan Volvo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar